IDSosial.NET Buat Web Forum Gratis ID Sosial

User info

Welcome, Guest! Please login or register.


You are here » IDSosial.NET Buat Web Forum Gratis ID Sosial » Tanya Jawab » Apakah Forum Gratis IDSosial Support https ?


Apakah Forum Gratis IDSosial Support https ?

Posts 1 to 2 of 2

1

Ya, kini forum gratis IDSosial.Net telah mendukung akses keamanan browsing melalui https. Anda dapat membuat website forum gratis dan mengatur pengunjung web anda untuk bisa mengakses https (saluran browser yang lebih aman).

https://images.freeimages.com/images/large-previews/3ad/hi-tech-http-1555072.jpg

Caranya:
Silahkan login ke admin forum gratis idsosial yang telah anda buat. Selanjutkan buka menu Options. Pada bagian Security anda bisa memilih salah satu pengaturan tingkat keamanan tersedia di bawah ini:

HTTPS by Default⇐,
Secara SEO, Jika opsi ini dipilih, kanonis dengan versi https ditambahkan ke setiap halaman. Ketika robot mesin pencari (search engine) mengindeks, maka mesin pencari akan menyimpan persis halaman HTTPS dan setelah beberapa waktu hanya versi HTTPS situs yang akan tetap dibaca sebagai URL utama oleh mesin pencari. Opsi ini mungkin sama dengan mengubah alamat di konsol pencarian google. Namun pengunjung tetap bisa mengakses via HTTP dan HTTPS. Untuk fungsionalitas SEO, maka opsi ini adalah pilihan terbaik untuk web forum gratis yang baru dibuat

Redirect to HTTPS⇐,
Jika opsi ini diaktifkan maka akan terjadi pengalihan alamat URL ke versi HTTPS di mana pengunjung dipaksa hanya bisa mengakses via HTTPS. Tetapi Anda perlu tahu bahwa sistem pengalihan yang diterapkan dalam opsi ini adalah Redirect 302 yaitu akan memberitahukan kepada mesin pencari bahwa situs anda hanya menerapkan pengalihan sementara dari HTTP ke HTTPS, bukan redirect 301 (redirect permanen). Berdasarkan teori SEO, jika tujuan anda menggunakan HTTPS adalah untuk selamanya, maka opsi ini kurang tepat untuk situs anda. Namun untuk web forum gratis yang telah lama dibuat dan sebelumnya telah dikenal oleh mesin pencari sebagai HTTP, maka opsi pengalihan sementara ini bisa digunakan untuk proses pengenalan dan perbaikan kode-kode js, semua alamat url file, style css, dll. Hingga setelah semuanya diarahkan ke HTTPS, admin forum dapat segera mengganti ke opsi HTTPS by Default.

HTTP by Default⇐,
Jika opsi ini dipilih, maka tidak ada kanonik ke HTTPS, tidak ada pengalihan ke HTTPS. Namun sistem forum tetap akan mengizinkan pengunjung untuk bisa mengakses baik via HTTP maupun HTTPS. Hanya saja sistem forum akan memberitahukan kepada semua search engine bahwa URL utama situs anda menggunakan HTTP bukan HTTPS. Berdasarkan teori SEO, opsi ini tidak baik untuk peringkat search engine DAN keamanan pengguna saat login).

TAMBAHAN:

  • Jika anda menggunakan domain kustom, opsi pengaturan tetap sama seperti di atas, dan forum anda tetap bisa diakses melalui https:// namadomainanda dot com.

  • Perubahan URL khusus penggunaan kustom domain dari http ke https memerlukan waktu antara 5 menit hingga 1x24 untuk dapat dikenali oleh browser. Jika anda membuka URL kustom domain via https di masa waktu tersebut, maka browser akan memberikan Natifikasi Peringatan seperti: Potensi Risiko Keamanan atau sejenisnya. Jangan kuatir, setelah masa 5 menit hingga 1x24 Jam, browser akan segera mengenali dan menghapus natifikasi potensi resiko.

  • Tentang Kustom Domain, baca panduan di: Apakah Web Forum Gratis di IDsosial Support Custom Domain?

Penting:
Jika di halaman web forum anda menampilkan image bersumber dari alamat URL http, maka akses https untuk forum anda mungkin masih akan terdeteksi belum full aman 100%. Jadi pastikan anda hanya akan menampilkan image yang bersumber https.

0

2

Berikut ini adalah panduan untuk pengguna Forum Gratis IDSosial yang ingin membuat website forum mereka 100% terdeteksi HTTPS full aman oleh browser.

LIHAT PANDUAN PENTING HTTPS

-Pastikan semua URL Image dalam kode background gaya CSS theme forum gratis anda tidak bersumber atau masih menggunakan HTTP. Pergunakan latar belakang gambar dengan sumber alamat URL HTTPS saja.

-Buka menu options dan pastikan bahwa semua URL file gambar (image) maupun namafile.js yang anda pergunakan di kolom HTML header dan HTML Footer, telah menggunakan sumber URL HTTPS yang bisa diakses. Catatan: Jika website forum gratis anda baru dibuat dan anda tidak menambahkan kode script widget / add on apapun, maka kolom HTML header dan HTML Footer akan terlihat kosong.

-Pastikan semua kode yang disematkan ke dalam namafile.js yang anda gunakan untuk web forum gratis IDSosial tidak berisi file yang bersumber dari HTTP.

PANDUAN HTTPS DALAM POSTINGAN

-Pastikan bahwa anda dan member forum gratis anda tidak memposting topik dan reply komentar yang menyertakan file gambar, video, tautan (link), dll yang bersumber dari HTTP.

0


You are here » IDSosial.NET Buat Web Forum Gratis ID Sosial » Tanya Jawab » Apakah Forum Gratis IDSosial Support https ?